A Guide To: Bagaimana Membuat Vlog Musik yang Keren

A Guide To: Bagaimana Membuat Vlog Musik yang Keren

Sudah saatnya kini menjadi produsen informasi. Musik merupakan salah satu fenomena yang terus berkembang dan tidak ada matinya.  Selain blog, saat ini yang seringkali digunakan yaitu vlog (video blogging). Jika ingin membuat vlog musik yang keren dan ciamik, silakan simak saja panduan berikut:

 

Pilih konsep

Konsep tetap tak boleh dikesampingkan. Pilih konsep yang paling keren untuk vlog kamu. Apakah ingin semi-dokumenter, talkshow interview, review konser, atau review album. Paling banyak digunakan memang lebih ke interview dan juga semi-dokumenter. Karena saat ini vlog yang baik bukan dibikin asal-asalan. Karena vlog ini berurusan dengan konten. Saat ini bisnis konten sedang bergeliat. Pastikan kamu memang mampu membuat konten yang baik dan berguna buat penonton.

 

Jangan lupakan peralatan teknis

Setelah memilih konsep, alangkah baiknya kamu persiapkan juga perlatan teknis yang memadai seperti kamera professional, clip on, dan microphone yang merupakan perlatan sederhana dan standar. Jangan dibuat dengan kamera handphone yang resolusi rendah, karena itu akan membuat kualitas video kurang baik dan tidak betah untuk ditonton. Sebaiknya gunakan gadget berkualitas baik agar hasilnya juga sempurna. Rasanya akan sia-sia dan sayang saja  kalau konsepnya sudah bagus, tapi gambarnya buram dan patah-patah membuat penonton juga tidak betah.

 

Siapkan gimmick

Sebaiknya memang kamu kemas sebaik mungkin vlog kamu itu. Siapkan misalnya intro, bumper, hingga logo. Persiapkan pula juga gimmick-gimmick yang nantinya dapat menjadi kejutan buat penonton. Semakin dikemas baik, maka akan semakin terlihat seperti media professional vlog kamu nantinya.

 

Perhatikan durasi

Durasi vlog yang baik itu memang jangan terlalu lama. Bikin konten yang efektif dan efisien. Durasi cukup dibawah 20 menit. Karena kalau terlalu lama akan terlalu membosankan. Atau jika terlalu sebentar maka akan mudah ditinggalkan. Jadi sebaiknya kamu memang bisa membuat konten yang pas dengan durasi.

 

Kombinasi antara konten yang serius dan menghibur

Pastikan konten kamu tidak membosankan. Perpaduan antara konten yang fun dan serius memang harus seimbang. Sisi informatif tetap harus diutamakan. Jika terlalu serius memang mudah membosankan. Akan tetapi, kalau terlalu banyak bercanda juga membuat vlog terlihat tidak professional dan seolah kamu hanya terlihat seperti “badut”.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner