A Page About : Mengenal Siklus Hidup Kota Gudeg Dalam Karya Umar Haen

A Page About : Mengenal Siklus Hidup Kota Gudeg Dalam Karya Umar Haen

“Di Jogja Kita Belajar” adalah sebuah gambaran bagi penduduk luar kota untuk mengenal seperti apa siklus kehidupan anak rantau ketika menuntut ilmu di kota besar.

Salah satu musisi pendatang baru muncul di Jogja. Musisi sekaligus soloist dengan nama Umar Haen telah menjadi generasi baru di industry musik tanah air. Kemunculan Umar Haen sendiri kala itu berbarengan dengan karya musik barunya yang hanya membunyikan nada lewat petikan gitar dan vokal, dan menangkap masa perjalanannya selama 6 tahun di Yogayakarta. Dengan judul “Di Jogja Kita Belajar”.

Menelisik apa yang ia ucapkan dalam lirikal lagu tersebut. Seakan memberi gamabran pada yang mendengar tentang siklus kehidupan di Yogyakarta. Khususnya yang sering terjadi pada kehidupan anak rantau ketika menuntut ilmu di kota besar. Mulai dari mitos yang dirasakan oleh orang tua ketika melepas anaknya untuk jadi mahasiswa, fase pendewasaan dari sang anak yang mulai terasumsikan oleh pemikiran bertolak belakang, bahkan siklus pertemanan buruk yang beratasnamakan sebagai pembuat karya tak luput menjadi poin utama di lagu tersebut.

Lewat irama lagu yang sederhana, dan lirik berbahasa Indonesia. Sangat mudah mencerna apa yang dimaksud oleh Umar Haen dalam lagu “Di Jogja Kita Belajar”. Dengan sedikit sentuhan vokal yang terkesan berat, Umar Haen tampak seakan menyanyikannya dengan penuh metafora. Dan secara musikalitas sebenarnya banyak yang seperti ini, tapi dengan kekuatan penulisan lirik yang blak-blak’an menjadi kesan yang tak terlupakan dari Umar Haen.

Jauhnya dari peran Orang Tua dari segi jarak, menjadi kebebasan bagi anak rantau yang dimaksudkan dalam lagu tersebut. Entah yang dimaksud adalah pembuatnya atau orang lain. Tapi yang jelas, lagu tersebut sangat dapat dijadikan bahan pembelajaran mengenai siklus kehidupan di negeri rantau. Terlebih jika anak tersebut hendak menuntut ilmu di kota besar semacam Jogja di bidang seni, pasti susah menghindari siklus kehidupan yang disuarakan dalam lagu “Di Jogja Kita Belajar” ini. Jika penasaran simak lagunya di tautan bawah ini. 

Sumber foto : Facebook Umar Haen

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner