Album Review: Freak – Revelation Of Universe (Bagian Pertama)

Album Review: Freak – Revelation Of Universe (Bagian Pertama)

Setiap orang mempunyai definisi yang berbeda dalam menentukan bagus atau tidaknya suatu karya musik. Tapi sebagian besar dari kita berpendapat bahwa musik yang bagus adalah musik yang bisa mewakili perasaan pendengarnya. Karena musik adalah perasaan yang bisa didengar.

Revelation Of Universe” adalah sebuah album musik yang bisa mewakili perasaan siapa saja ketika mendengarnya. “Revelation Of Universe” adalah album ke-5, dan sekaligus album terbaru dari kolektif Post Grunge asal Bandung, Freak. Album yang dirilis tahun 2016 ini, dinaungi oleh label rekaman legendaris asal Bandung, RIOTIC RECORDS Album “Revelation Of Universe” ini benar-benar menyampaikan pesan dari alam semesta, lewat 11 track di dalamnya, dan album ini juga membawa aura positif pada setiap pendengarnya.

"WayOut"

Aura positif langsung dibuka di track awal lagu ini, "WayOut’" langsung menghentak dengan dinamika musiknya yang asik, dan mengalun dinamis di telinga, dimana secara isian lirik lagu ini, berisi pesan agar kita tidak bersikap pesimis. Mendengar lagu ini mengingatkan pada sebuah peribahasa ‘Dimana ada kemauan disitu ada jalan’.

"Walk This Way"

Dilanjut track kedua yang berjudul "Walk This Way". Lagu ini benar-benar bisa membuat kepala mengayun mengikuti irama musiknya yang menghentak, namun terasa begitu renyah. Lagi-lagi lagu ini mengajak kita untuk selalu bersikap optimis. Lagu yang mengajak kita untuk selalu konsisten pada sesuatu yang menjadi passion kita. Lagu ini tidak asing bagi penikmat musik Freak, karena sebelum dirilisnya album ini, "Walk This Way" sempat diperkenalkan ke publik lewat Vidio klip. Vidio yang berisi rangkaian kegiatan mereka ketika sedang tur di negara tetangga, Malaysia.

"Fake"

Merupakan track ketiga di album ini. Musik yang gahar tapi lagi-lagi terasa renyah di telinga. Lagu ini menjadi lagu dengan warna musik Grunge  yang sangat kental di album ini. Bagi kita yang menyukai musik Grunge dengan nuansa yang dihadirkan oleh band Nirvana, mungkin bisa berulang-ulang mendengarkan lagu ini. Entah kenapa lagu ini punya magnet tersendiri.

"We Will Find The Way"

Lagu yang syarat dengan pesan motivasi ini, mengingatkan kita untuk kita tidak cepat menyerah terhadap kegagalan yang kerap kita alami dalam hidup. Musik dengan irama yang bisa menambah semangat kita untuk terus berjalan, selangkah demi selngkah, hingga akhirnya menemukan jalan, berjalan bersama dengan rasa bahagia.

"Coming Home"

Seperti menjadi kelanjutan cerita dari lagu sebelumnya, lagu ini mengajak kita untuk selalu beristirahat dari berbagai macam keriuhan hidup. Dan tempat beristirahat yang paling baik adalah kembali ke rumah. Rumah yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya energi-energi positif ini, akan sanggap merecharge energi baru untuk kita.

"Get Up"

Seakan menjadi benar-benar menjadi suatu kesatuan, semua lagu di album ini menjadi sangat berkaitan satu sama lain. Dan di track keenam ini pun menjadi alur cerita lanjutan dari lagu sebelumnya. Dimana kalau nyatanya rumah tidak bisa memberikan energi yang baik bagi kita, lagu ini mengajak kita untuk jangan patah arang, agar bangkit lagi dari keterpurukan. Ini tersurat dari penggalan lirik “Get Up Now, Get Up Now”,  di lagu ini menjadi semacam suntikan energi baru untuk kita punya semangat baru yang lebih baik.

Bersambung...

Sumber foto: Dokumentasi Pribadi

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner