Konsol Game yang Digunakan Musisi Chiptune

Konsol Game yang Digunakan Musisi Chiptune

Tertarik untuk menjadi musisi chiptune? Kalau iya, Kamu harus mulai mengeksplorasi beberapa hardware game ini agar mengeluarkan suara yang unik. Beberapa musisi memang menggunakan gamewatch dan gameboy sebagai instrument utamanya. Namun nyatanya ada beberapa konsol game yang dapat dieksplorasi lebih jauh lagi sehingga dapat menjadi alat musik. Berikut ini beberapa konsol game yang dapat digunakan:

 

Gameboy

Instrument ini memang salah satu yang sering digunakan oleh para musisi chiptune. Karena ukurannya yang relative lebih kecil dan juga memiliki 4 kanal instrumen lebih mudah dan sederhana untuk digunakan. Karakter suara 8-bit juga jadi keunikan tersendiri. Selain itu karena kecil sehingga lebih mudah ketika digunakan di atas panggung.

 

Atari

Konsol legendaris ini mampu mengeluarkan suara yang unik. Pernah memainkan game Legend of Zelda yang legendaris itu? Nah, konsol Atari ternyata dapat juga digunakan menjadi instrument musik. Karakter suara yang old-school menjadi kriteria tersendiri untuk menggunakan instrumen ini menjadi alat musik.

 

NES /SNES

Konsol ini memang terhitung lebih modern dibandingkan Atari. Namun karakter suaranya tetap menjadi ciri khas tersendiri. Sayang formatnya yang terlalu besar memang tidak mudah untuk dibawa kemana-mana terutama ketika ada di atas panggung. Beberapa bagian seperti soundchip/soundcard yang memang biasa digunakannya.   

 

SEGA

Tak jauh berbeda dibandingkan NES, ukuran formatnya yang besar membuat SEGA memang tak mudah dibawa ke atas panggung. Namun, suaranya lewat soundchip/soundacard yang khas mampu menjadi instrument DIY jika kita mampu mengeksplorasinya lagi lebih jauh.

 

Commodore64

Ini merupakan alat musik 8-bit yang lebih mirip dengan computer dibandingkan konsol game lainnya. Beberapa sirkuit yang ada didalamnya ternyata dapat menjadi alat musik yang unik dan keren.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner