Memasarkan Musik Dengan Cara Sederhana

Memasarkan Musik Dengan Cara Sederhana

Siapa sih yang gak mau mempunyai lagu ciptaan sendiri, terkenal, dan tentunya bisa menghasilkan uang? Semua orang ingin seperti itu. Namun, cara yang digunakan dalam memasarkan lagu berbeda – beda, tentunya tergantung ide dan pemikiran pemilik lagu itu sendiri. Ada yang memasarkan lagu lewat radio, internet, poster, dan masih banyak juga cara lainnya. Kamu bisa menjual dan membeli lagu lewat beberapa cara, seperti media social facebook, twitter, reverbnation, soundcloud, dan media social internet lainnya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi setiap situs – situs tersebut, lalu berdiskusi dan saling berbagi pengetahuan tentang promosi lagu, menjual lagu, atau membeli lagu.

Saling berbagi informasi dan pengetahuan tentang musik tentunya sangat menarik, terutama bagi orang yang menyukai musik. Dari mulai membuat lirik, membuat nada, menggunakan program musik, dan bagaimana proses agar lagu tersebut terdengar baik dan dapat di promosikan dengan kualitas selayaknya. Saya akan memeberi beberapa tips untuk memasarkan lagu supaya cepat terkenal, terutama bagi kamu yang baru terjun ke dunia musik dan masih awam dalam cara – cara mempromosikan lagu ciptaan sendiri. Berikut adalah tips sederhana memasarkan musik ke khalayak luas:

BACA JUGA - Mengenal Musik Folk Lebih Dekat

  1. Tips Pertama. Kamu harus mempunyai satu lagu yang menjadi andalan (Hits) dalam group band kamu. Sebaiknya persiapkan lagu sesuai perkembangan zaman. Kamu harus bisa mempertimbangkan untuk lima bulan ke depan, perkembangan musik akan seperti apa. Buatlah lagu yang unik, menarik dan tentunya layak didengar untuk kalangan semua usia.
  2. Tips Kedua. Ikuti setiap acara atau event – event di dalam maupun luar kota, lalu nyanyikan lagu ciptaan (andalan) band kamu. Semakin banyak kamu mengikuti acara, maka semakin banyak pula orang yang mengenali nama band kamu, begitu juga dengan lagunya. Sehingga kemungkinan banyak orang yang menyukai lagu tersebut, bahkan tidak akan asing lagi jika suatu saat nanti mereka mendengarkan lagu kamu di radio maupun di dalam handphone. 
  3. Tips Ketiga. Bagikan lagu ke handphone teman – teman, dan masukan lagu ke radio – radio yang kamu ketahui. Kamu juga harus membuat website yang menyediakan tentang informasi band, event – event yang telah kamu lalui, dan yang lainnya. Buatlah dengan unik dan menarik, sehingga penggemar akan tetap betah membaca pengalaman – pengalaman tentang band kamu.
  4. Tips Keempat. Langkah terakhir, kamu harus mengupload lagu tersebut ke setiap situs media social internet. Seperti 4shared, Reverbnation, SoundCloud, Youtube, dan yang lainnya.

Image: theodysseyonline.com & thewriteteachers.com

View Comments (4)

Comments (4)

  • maudysatria
    maudysatria
    8 Aug 2016
    (y)
  • zuhoriikhsan
    zuhoriikhsan
    20 Aug 2016
    nice
  • patheticwaltz
    patheticwaltz
    1 Sep 2016
    Mntab
  • kesenandung
    kesenandung
    28 Nov 2016
    Good
You must be logged in to comment.
Load More

spinner