Song Review : Zat Kimia – Candu Baru

Song Review : Zat Kimia – Candu Baru

Masifnya gempuran dunia digital dengan internetnya saat ini tak mampu dibendung lagi. Ini era nya Internet Of everything, dan fenomena ini pun mejadi candu baru bagi masyarakat kita dewasa ini.

Masifnya gempuran dunia digital dengan internetnya saat ini tak mampu dibendung lagi. Ini era nya Internet Of everything, dan fenomena ini pun mejadi candu baru bagi masyarakat kita dewasa ini. Mungkin oleh karena fenomena itu pula lah yang menjadi pemantik Zat Kimia membuat lagu ini.

Semua sektor saat ini sudah masuk ke ranah digital. Saat ini kita benar-benar sedang berada di era revolusi industri. Semua bergerak cepat dan serba terkoneksi, kabar baru detik ini bisa langsung tersebar detik itu juga.  Dan di era digital ini, unit alternatif rock asal Bali ini mengucapkan “Selamat datang di dunia maya, bagi jiwa-jiwa yang kelaparan”, lewat lagu mereka yang berjudul ‘Candu Baru’.

Diawal lagu ini, mereka menghentak dengan lirik yang berbunyi “Piranti elektronika membuatku buta, segala yang ku lakukan tak bisa tanpanya”. Lirik sarkasme yang ditujukan untuk kita semua yang saat ini seakan tak bisa lepas dari gadget nya masing-masing. Yang sedikit banyaknya akan memberikan dampak negatif bagi kita. Cotoh kecil saja, dengan masifnya gadget dengan berbagai macam platform sosial media di dalamnya, akan membuat interaksi sosial langsung kita di dunia nyata kita makin berkurang. Bahkan mungkin perlahan akan hilang.

Kalimat-kalimat sarkas di lirik lagu ini menjadikan pesannya terdengar seolah tidak sedang menggurui. Ditunjang pula oleh sound crunch dengan tempo lagu yang tidak terlalu upbeat khas alternatif rock di lagu ini semakin membuat lagu ini ringan didengar. Dan semakin menajamkan bahwa mereka tidak sedang menggurui.

Perhatikan saja lirik pada bagian reffrein lagu ini “Sialan ku jadi candu, Sialan candu baru, candu tuk jaman baru”. Itu makin mempertegas kalau mereka tidak sedang menggurui atau mengkritik siapapun, lirik tersebut lebih kepada kritik mereka kepada diri sendiri, yang saat ini sudah menjadi pecandu baru dunia maya. Tapi bagi kita yang peka, tentu tahu bahwa sejatinya lagu ini bukan hanya kritik untuk mereka sendiri.

Sumber foto: https://chordify.net

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner